· 

Bumbu-bumbu Dapur Atasi Kolesterol

Kolesterol merupakan zat lemak di dalam darah yang berfungsi untuk memelihara membran sel. Tapi jika kadar kolesterol dalam darah berada di atas kadar normal dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Tingginya kadar kolesterol seseorang biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat. Beberapa contoh gaya hidup tidak sehat adalah diet tanpa konsultasi ahli, tingginya lemak jenuh dan aktivitas tubuh yang sangat kurang sehingga menyebabkan kolesterol yang tinggi.

Selain contoh di atas, beberapa faktor-faktor lainnya obesitas, merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, faktor usia dan keturunan. Terindikasi menderita diabetes, tekanan darah tinggi dan adanya penyakit ginjal juga dapat menjadi salah satu penyebab  peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh.

Namun jangan takut, rupanya ada beberapa bahan yang mudah di temukan di sekitar kita yang bisa di jadikan pencegah penyakit kolesterol. Berikut adalah beberapa bumbu dapur yang bisa menjaga kondisi kadar kolesterol anda.

1. Biji Ketumbarstylecraze.com

Penelitan-penelitian mengenai kolesterol selama ini menunjukkan bahwa ketumbar dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini disebabkan oleh biji ketumbar yang memiliki hipoglikemik yang dapat berguna untuk mengatur kadar gula dalam tubuh.

Ramuannya pun sangat mudah di buat di rumah. Caranya sangat mudah hanya perlu siapkan dua sendok teh bubuk biji ketumbar. Kemudian campurkan dengan satu cangkir air dan rebus. Setelah mendidih, saring dan ramuan siap diminum. Sebaiknya minum dua kali sehari.Bisa ditambahkan susu, gula atau kapulaga.

2. Bawang Merahhealthyfitlifetime.com

Cukup campurkan satu sendok teh bawang merah yang sudah dijus dengan madu. Anda pun dapat juga bisa menambahkan jahe, minum sehari sekali secara teratur.

Para ilmuwan di Hong Kong menemukan bahwa bawang merah dapat membantu mengurangi kadar kolesterol. Ramuan ini juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Cuka Sari Apel

Campurkan satu sendok teh cuka sari apel organik dalam segelas air. Minum dua atau tiga kali sehari setidaknya selama satu bulan tambahkan kadar cuka sari apel secara bertahap. Jika rasanya kurang nikmat, anda pun bisa menambahkan bahan-bahan yang anda sukai. Bisa coba mencampurnya dengan jus jeruk, jus apel, jus anggur, atau jus buah lainnya.

gettyimages.com

Cuka sari apel membantu menurunkan kadar kolesterol total. Selain itu, cuka sari apel juga dapat berfungsi sebagai obat rumah untuk penyakit tekanan darah tinggi, asam urat, infeksi saluran pernapasan atas,gejala stroke dan lain-lain.

4. Jus Jerukfingo9.com

Minum tiga cangkir jus jeruk setiap hari. Rupanya hal ini sangat berguna untuk mengurangi kadar kolesterol ecara alami. Ini dikarenakan jeruk mengandung banyak vitamin C, folat, dan flavonoid. Bahkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa minum 750 ml jus jeruk murni setiap hari dapat meningkatkan kolesterol HDL dan trigliserida, dan menurunkan LDL / rasio HDL pada pasien hiperkolesterolemia.

5. Minyak Kelapapopsugar.com

Menambahkan sedikit minyak kelapa alami atau organik di dalam menu diet rupanya sangat berguna untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh. Kurang lebih satu sampai dua sendok makan saja setiap hari. Jangan gunakan minyak kelapa olahan atau yang sudah diproses. Meskipun berlawanan dengan intuisi, minyak kelapa dianggap sebagai obat rumah yang bermanfaat untuk mengatasi kolesterol tinggi.

6. Oatmealgettyimages.com

Sudah bukan rahasia lagi bahwa oatmeal sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga kolesterol. Menikmati semangkuk oatmeal adalah cara mudah dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Karena oatmel penuh dengan serat larut, sehingga dapat mengurangi penyerapan kolesterol dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Untuk membuatnya lebih nikmat anda bisa saja buah-buahan dan kacang-kacangan seperti apel, pisang, stroberi, dan kenari untuk oatmeal sesuai dengan selera anda.

7. Kacang-kacangan

nicolelana.com

Kacang-kacangan sudah dikenal sebagai cemilan yang sehat dan nikmat bagi para penderita kolesterol. Kenari, almond, kacang, hazelnut, pistachio, pecan, dan kacang-kacangan lainnya berguna dalam mengendalikan kolesterol tinggi karena mereka kaya akan sterol dan serat. Kenari, khususnya, telah ditemukan untuk membantu kadar kolesterol total dan trigliserida.

 

Bagaimana, rupanya bahan-bahan yang selama ini sering kita lihat di dapur bermanfaat bagi kesehatan kolesterol dalam tubuh ya. Penting bagi kita untuk mengatur gaya hidup sehat dan menjaga asupan makanan. Karena dengan hidup sehat akan sangat membantu untuk menurunkan kolesterol.

Write a comment

Comments: 0